Thursday 17 January 2013

Officer Down



Runtime: 110 mins

Release Date: 01 Jan 2013
Starcast: Rachel Alig, Laura Rauh, Frederick Lawrence, Stefan Prater, Ryan McCormick, Michelle Tomlinson, Joseph Edward Dooley
Director: Richard Bakewell
Genre: Drama, , 

Plot: OFFICER DOWN tells the chronicling story of four police officers who suffer from Survivor's Guilt. The main character, Becky Rooks, has battled with a lifetime of personal demons and working as a police officer helps trigger old wounds to resurface. Doing the job has given her a false sense of invincibility, but still it is the one and only area of her life where she feels that she's in control. However Becky experiences a loss of control during a routine traffic stop where she is assaulted and her life is spared because instead of fighting back she decided to play possum. With her sense of security removed she joins an online predator team to help protect those who don't know that they are being hunted. For each life that she helps save, it sends her further down a path of self destructive behavior. Even when she's forced to seek help she can't come to terms with why her attacker didn't pull the trigger that night, as she sees her second chance at life not as a gift but as a burden.

Texas Chainsaw 3D


Runtime: 92 mins

Release Date: 04 Jan 2013

Starcast:

Director: John Luessenhop

Genre: Horror, Mystery, Thriller, ,
IMDB: http://www.imdb.com/title/tt1572315

Plot: After the first massacre in 1974, the townspeople suspected that the Sawyer family were responsible. A vigilante mob of enraged locals surrounded the Sawyer house, burning it to the ground and killing every last member of the family. Decades later a young woman named Heather learns that she has inherited a Texas estate from her grandmother. she decides to bring her friends along on the road trip to invesitgate her inheritance. On arrival she uncovers she has inherited a mansion but is yet to uncover the terrors that lurk in the basement below it.

Death Race: Inferno


Release Date: 01 Jan 2013
Starcast: Danny Trejo, Ving Rhames, Dougray Scott, Luke Goss, Tanit Phoenix, Robin Shou, Langley Kirkwood
Director:
Genre: ActionCrimeThriller
IMDB: http://www.imdb.com/title/tt1988591





Plot: Carl Lucas / Frankenstein has won four of his races and needs to win one more to win his freedom. Before his final race, Lucas and his team, car and all, are transferred to another prison where they will compete in a Death Race in the desert. Also, at the same time, Ceaser runs into a marketer who wants to franchise the Death Race program. 

Wednesday 16 January 2013

SKRIPSI MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI


ABSTRAK
MUSTARAM, 2006, Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah, Jurursan Pendidikan Agama Islam, Program Sarjana Strata 1 (S1)  Universitas Islam Negeri (UIN)  Malang, Dosen Pembimbing: Prof. Dr. H. Muhaimin, MA.
Kata kunci: Kurikulum, Model Pengembangan Kurikulum, PAI
            MAN Malang 1 merupakan lembaga pendidikan negeri, besar sekali peran yang dimainkan dalam rangka membangun manusia seutuhnya. Adapun dalam rangka berpartisispasis untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan tentunya perlu ditanamkan nilai-nilai keislaman.
            Suatu bangsa dapat terukur kualitasnya meclaui pendidikan, maka oleh karena itu pendidikan adalah faktor yang sangat urgen. Akan tetapai kenyataan yang ada dilapangan, pendidikan dengan model kurikulum yang diberlakukan, belum mampu melahirkan suatu generasi yang memiliki kemampuan yang diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat dan mampu menjawab tantangan yang ada.
            Terlebih lagi, terdapat kesan dari masyarakat bahwa seolah-olah setiap pergantian mentri biasanya akan diikuti dengan perubahan kebijakan. Padahal kebijakan yang baru belum tersosialisasikan dengan merata, tetapi tiba-tiba diganti dengan kebijakan yang baru. Suatu sekolah/madrasah diharapkan mampu memilah dalam memilih model pengembangan yang dapat diterapkan disesuaikan dengan segala sumber daya dan sumber dana yang dimiliki. lihat selengkapnya download

Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam


ABSTRAK
Ilmaknun, Luluk. 2006. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di MTs NU (Nahdlatul Ulama) Mojosari Loceret Nganjuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Pembimbing: Drs. H. Suaib H. Muhammad, M.Ag
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.
Kepemimpinan kepala madrasah diartikan sebagai model atau macam-macam kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Pengembangan suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kualitas kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan karena faktor yang sangat penting dalam proses pendidikan adalah lembaga pendidikan yang berkualitas, maka dengan lembaga pendidikan yang berkualitas secara otomatis akan dapat mencetak generasi yang berkualitas pula.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) bagaimana kualitas kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs NU Mojosari Loceret Nganjuk. (2) apakah uasaha-usaha kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs NU Mojosari Loceret Nganjuk. (3) Apakah faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MTs NU Mojosari Loceret Nganjuk....lihat selengkapnya download

STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA


ABSTRAKS
Nur Hamid Ansori, Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA PGRI Lawang.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Drs. A. Fatah Yasin, M.Ag

Kata Kunci : Strategi, Prestasi Belajar
Keberadaan suatu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilkan out put yang baik, berkualitas, dan bisa diandalkan. Hal ini terlihat salah satunya dengan tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dari sini banyak cara yang diupayakan pihak sekolah agar bisa maju dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus, atau minimal sekolah yang memiliki nilai atau ciri tersendiri dibandingkan sekolah-sekolah lain. Salah satu sekolah ini, menurut pengamatan sepintas peneliti, meskipun sekolah umum, akan tetapi telah mengupayakan berbagai program untuk mengembangkan pendidikan agama Islam.
Melihat fenomena yang ada, maka peneliti tertarik untuk meneliti keberadaan sekolah tersebut. sehingga dapat penulis paparkan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan pendidikan agama Islam yang diterapkan oleh sekolah tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, faktor apa saja yang dirasa mendukung dan menghambat dalam proses kegiatan tersebut, serta bagaimanakah hasil dari penerapan strategi tersebut terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang akademik maupun non-akademik.
      Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Untuk mendukung pemaparan data, penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian ini.......Lihat selengkapnyadownload

Pengembangan Sistem Pendidikan Pondok Modern Dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Visi pembangunan di era reformasi diarahkan pada terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum, dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin.[1]
Perwujudan manusia yang berkualitas tersebut menjadi tanggung jawab pendidikan, terutama dalam mempersiapkan peserta didik menjadi subyek yang makin berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh, kreatif, mandiri dan profesional pada bidangnya masing-masing. Hal tersebut diperlukan, terutama untuk mengantisipasi era kesejagatan, khususnya globalisasi pasar bebas di lingkungan Negara-negara ASEAN, seperti AFTA (Asean Free Trade Area), dan AFLA (Asean Labour Area), maupun di kawasan Negara-negara Asia Pasifik (APEC).[2]...........download



[1] E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Rosda Karya, Bandung, 2004, h. 3
[2] Ibid, 

Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)


ABSTRAK

Maslahah, Siti. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Drs. Bashori.

Kata Kunci : Kompetensi, Belajar Mengajar

            Guru merupakan orang yang sangat dominan dan paling penting, karena bagi siswa guru dijadikan tokoh tauladan (Panutan), bahkan cenderung dijadikan tokoh identifikasi diri. Dalam proses belajar mengajar, guru adalah salah satu faktor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut. Oleh sebab itu guru harus mempunyai kompetensi (kemampuan) dibidangnya untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan di kalangan peserta didiknya sehingga dapat menggerakkan gairah dan semangat belajar siswa.
            Seorang guru juga dituntut menjadi seorang guru yang profesional dan berkompeten, baik itu kompetensi personal, sosial maupun kompetensi professional. Serta kompetensi berupa pengetahuan (knowledge), pemahaman, kemampuan (skiil), nilai, sikap dan minat (interest). Sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa bisa terwujud.
            Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang, dan untuk mendiskripsikan upaya peningkatan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang..............download

SKRIPSI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PONDOK PESANTREN


ABSTRAK

Shofiyah, Waridatus. Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Dr. M. Mujab, MA.

           
            Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional yang berkomitmen sebagai lembaga pendidikan tafaqquh fiddin tidak diragukan lagi dapat memberikan peran yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan indikator, selalu memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keagungan akhlak dan moral, keluasaan ilmu pengetahuan, siap berkompetisi dalam era global dengan kesiapan hidup pada masa sekarang dan mendatang.
            Penelitian ini  untuk mengetahui secara khusus tentang Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo) dengan fokus pembahasan upaya pondok pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia  dengan adanya peningkatan kualitas santri dalam menghadapi perubahan zaman yang serba modern dan kompetitif  yang diarahkan pada tiga arah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya pondok pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, 2) Bagaimana masalah-masalah yang dihadapi  pondok pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.  Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan upaya pondok pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia  serta mengetahui masalah-masalah yang dihadapi pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia......download

UPAYA MEMPEROLEH PENDIDIKAN FORMAL LEBIH TINGGI PADA MASYARAKAT TINGKAT EKONOMI LEMAH

ABSTRAK

NAMA   :  Miftahul Faizin

NIM.                           :  00110029
JUDUL                      : Upaya Memperoleh Pendidikan Formal Lebih Tinggi Pada   masyarakat Tingkat Ekonomi Lemah
                                    (Studi kasus di Desa Ploso Kec. Selopuro Kab. Blitar)
PEMBIMBING         : Drs. Bakhruddin Fanani   
KATA KUNCI         : Ekonomi Lemah dan Pendidikan
 

Akhir-akhir ini perbincangan tentang kemiskinan dan pendidikan masyarakat telah muncul kembali dan menjadi tema utama dalam setiap diskusi-diskusi dan kajian-kajian ilmiah, baik dalam kalangan akademik maupun aktifis masyarakat. Masalah tersebut bukanlah masalah yang baru. Telah banyak upaya-upaya yang dilakukan  untuk mengurangi persoalan perekonomian masyarakat yang dirasakan sangat lemah. Di lain fihak, pendidikan menduduki tempat yang sangat penting dalam rangka mengejar penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai kebijakan-kebijakan dalam dunia pendidikan dimunculkan dengan harapan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang berpendidikan tinggi, berkualitas, dan bersumberdaya tinggi. Namun pada kenyataannya kebijakan-kebijakan tersebut tidak berjalan seperti yang diharapkan, dalam artian, upaya tersebut menghadapi berbagai hambatan-hambatan baik itu yang berasal dari masyarakat dan masalah perekonomian yang sangat memprihatinkan. Oleh karena kenyataan itu, maka penulis merasa perlu untuk menuangkannya dalam sebuah karya ilmiah dengan judul: “UPAYA MEMPEROLEH PENDIDIKAN FORMAL LEBIH TINGGI PADA MASYARAKAT TINGKAT EKONOMI LEMAH”
(Studi kasus di Dusun Ploso, Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar)......download

Skripsi Profesionalisme Guru Dalam Proses Belajar Mengajar


ABSTRAK


Nur, Siamah. 2006. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di MTsN Malang I
Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam (UIN) Malang.
Dosen Pembimbing: Drs. Bashori

Kata Kunci:Profesionalisme, Guru, Proses Belajar Mengajar
 

Dalam era pembangunan dan negara yang sedang berkembang seperti indonesia ini, guru mempunyai  peranan penting dalam mengabdi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa termasuk bimbingan pada generasi mendatang, maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu seorang guru mempunyai kewajiban secara langsung untuk mengawasi dan membantu proises belajar pada peserta didik dan anak didik.
Diakui atau tidak, guru akan selalu menjadi unsur penting yang menentukan berhasil atau tidaknya sutu pendidikan. Oleh karena itu maka guru selalu berperan dalam pembentukan sumberdaya manusia yang pontensial dibidang pembangunan bangsa dan negara. Guru adalah orang kedua setelah orang tua yang selalu mendidik dan memgawasi anak, untuk menuju cita-cita dan tujan hidupnya. Oleh karena seorang guru harus memiliki dedikasi yang sangat tinggi dan profesi yang dipilihnya itu bukan pekerjaan sampingan, sebab diakui atau tidak gurulah yang menentukan keberhasilan anak......download

Peranan Pondok Pesantren Rehabilitasi Mental Az-Zainy dalam Pembinaan Korban Narkoba


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam, yakni lembaga yang digunakan untuk mempelajari agama Islam, sekaligus sebagai pusat penyebarannya. Sebagai pusat penyebaran agama Islam di pesantren dituntut untuk mengembangkan fungsi dan perannya, yaitu mengupayakan tenaga-tenaga atau misi-misi agama, yang nantinya diharapkan mampu membawa perubahan kondisi, situasi, dan tradisi masyarakat yang lebih baik.
Dengan ini pondok pesantren diharapkan tidak hanya berkemampuan dalam pembinaan pribadi muslim yang islami, tetapi juga mampu mengadakan perubahan dan perbaikan sosial kemasyarakatan. Pengaruh pesantren sangat terlihat positif bila alumnusnya telah kembali ke masyarakat dengan membawa berbagai perubahan dan perbaikan bagi kehidupan masyarakat sekitarnya............download

RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TRADISIONAL DALAM ERA MODERNISASI


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
            Kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia sangat dipengaruhi dan diwarnai oleh nilai-nilai agama sehingga kehidupan beragama tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia. Sebagai negara yang berdasarkan agama, pendidikan agama tidak dapat diabaikan dalam penyelengaraan pendidikan nasional. Umat beragama beserta lembaga-lembaga keagamaan di Indonesia merupakan potensi besar dan sebagai modal dasar dalam pembangunan mental spiritual bangsa dan merupakan potensi nasional untuk pembangunan fisik materiil bangsa Indonesia.[1] Hal ini sesuai dengan tujuan pembangunan nasional, yaitu pembangunan masyarakat seutuhnya dan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Oleh kaena itu, agama tidak dapat dipisahkan dengan penyelenggaraan pendidikan nasional Indonesia...... download



[1]  Hanun Asrorah, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana ilmu, 1999), 181.

SKRIPSI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah kunci utama terbentuknya SDM yang kompeten dalam membangun bangsa. Pendidikan mempunyai peran yang sangat urgen untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa. Pendidikan juga menjadi tolak ukur memajukan suatu bangsa, dan menjadi cermin kepribadian masyarakatnya.
Sebagaimana dikatakan bahwasannya pendidikan adalah usaha meningkatkan diri dalam segala aspeknya, mencakup kegiatan pendidikan yang melibatkan guru maupun yang tidak melibatkan guru (pendidik), mencakup pendidikan formal maupun informal, segi yang dibina oleh pendidikan adalah seluruh aspek kepribadian. Dengan pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi masa depan.[1]...............download



[1]     Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Surabaya: Abditama, 1997), Hlm. 6

REMEDIAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN QUR'AN HADITS


ABSTRAK
Fauziah, Ida. 2006, Remedial Teaching dalam meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kediri). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Dosen Pembimbing: Drs. H. Asmaun Sahlan M,Ag

KATA KUNCI: Remedial Teaching , Prestasi Belajar, Qur’an Hadits
Dalam usaha meningkatkan proses pembelajaran khususnya kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau yang memerlukan bantuan dalam mempelajari suatu pelajaran Agama dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi dicantumkan pada Pendidikan Agama Islam yang salah satunya mata pelajarannya adalah Qur’an Hadits yang berisi tentang pemahaman tentang kaidah-kaidah ilmu Tajwid bacaan Al-Qur’an dan Hadits-Hadits pilihan yang menjadi materi dalam pelajaran di Madrasah Tsanawiyah. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kediri sebagai lembaga pendidikan yang tetap ingin meningkatkan kualitas keilmuan dan belajar siswa dan peran serta dari semua pihak, maka Madrasah Tsanawiyah di nobatkan sebagai Madrasah terbaik tingkat nasional. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pihak kurikulum adalah meningkatkan program Remedi dan Pengayaan sebagai usaha meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada siswa kelas VII dan kelas VIII yang telah menerapkan program remedi pada Mata pelajaran Qur’an Hadits. Jadi dalam hal ini guru berperan aktif dalam meningkatkan proses pembelajaran dalam menghasilkan siswa yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh guru. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengambil judul: Remedial Teaching dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata pelajaran Qur’an Hadits (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kediri)
            Berdasarkan latar belakang diatas,maka permasalahan yang ingin diangkat yaitu bagaimana pelaksanaan Remedial Teaching pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTsN 2 Kediri, Faktor-faktor apa yang menghambat pelaksanaan Remedial Teaching pada Mata pelajaran Qur’an Hadits dan Usaha-usaha yang ditempuh oleh guru mata Mata pelajaran Qur’an Hadits dalam mengatasi faktor yang menghambat pelaksanaan Remedial Teaching pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTsN 2 Kediri......Download  

RESPON KEPALA MADRASAH TERHADAP TUNTUTAN MASYARAKAT


ABSTRAK

Khotmawati,  Lia Khusna, 02110268, Respon Kepala Madrasah Terhadap Tuntutan Masyarakat (Studi Kasus di MTs 01 Al-Ma’arif Singosari). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Pembimbing: Drs. H.M. Djumransjah, M. Ed

           
            Perkembangan IPTEK (Ilmu Pegetahuan dan Tekhnologi) telah membawa perubahan orientasi dan tuntutan dalam kehidupan masyarakat. Kemajuan suatu madrasah dalam pendidikan sangat tergantung kepada seorang kepala sekolah sebagai seorang pemimpin dan pengelola suatu lembaga pendidikan. Disini MTs 01 Al-Ma’arif sebagai suatu madrasah swasta keadaan sarana dan prasarananya maupun tenaga pendidikannya serta masalah dana sangat minim sekali. Oleh karena itu sudah merupakan hal yang mendesak bagi kebanyakan madrasah khususnya kepala madrasah untuk melakukan berbagai langkah inovatif dalam merespon tuntutan dari masyarakat yakni baik dalam bidang kurikulum, sarana dan prasarana dan mutu lulusannya.
            Dan untuk memenuhi tuntutan-tuntutan masyarakat tersebut kepala madrasah selaku pemimpin pendidikan melakukan inovasi yakni dengan cara mengadakan peningkatan kemampuan profesi guru baik yang sudah lama mengajar di madrasah tersebut maupun bagi calon guru yang akan mengajar di madrasah tersebut. Juga mengadakan program eksatrakurikuler dengan tujuan untuk meperluas wawasan/ pengetahuan peserta didiknya. Kemudian  meningkatkan manajemen yang sudah terlaksana di madrasah tersebut dan melengkapi sarana dan prasarana yang sudah ada.,,,,,,,download

Skripsi Peran Mahasiswa Dalam Menciptakan Tradisi Akademis di Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman


ABSTRAK


Hafidhah, 2006. Tradisi Akademis Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman An-Nuqayah (STIKA) (Peran Mahasiswa Dalam Menciptakan Tradisi Akademis di Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman An-Nuqayah(STIKA) Guluk-Guluk Sumenep Madura). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Niversitas Islam Negeri Malang.
Dosen pembimbing, Drs. M. Syahid, M.Ag.

Kata kunci: Tradisi akademis mahasiswa

            Penciptaan tradisi akademis di kampus yang kondusif merupakan upaya pembangunan potensi yang ada pada mahasiswa, yang merupakan subsistem pendidikan tinggi, dalam upaya pembangunan di berbagai bidang pendidikan, penciptaan suasana juga tidak bisa dipandang sebelah mata dalam usaha menciptakan hasil yang baik, dalam hal ini peran dosen dan mahasiswa penting dalam menciptakan iklim akademis yang baik, penciptaan iklim akademis yang kondusif akan memeungkinkan mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar dan berprestasi.
            Mahasiswa itu sendiri sebagai sumber daya manusia merupakan potensi vital dan strategis serta mempunyai ciri-ciri tersendiri yang khusus. Mahasiswa merupakan kekuatan pembangunan dan sekaligus merupakan kunci pembuka bagi terwujudnya masa depan yang lebih baik seperti yang kita cita-citakan.
            Untuk mengungkapkan upaya menciptakan tradisi akademis mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman An-Nuqayah (STIKA), maka peneliti akan mendeskripsikan : Tradisi akademis mahasiswa di STIKA, Peran mahasiswa dalam menciptakan tradisi akademis di STIKA serta Faktor penghambat dan pendukung dalam menciptakan tradisi akademis mahasiswa di STIKA.
            Penelitian ini dilaksanakan di kampus STIKA dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode interview (wawancara) dan  metode observasi.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi akademis mahasiswa di kampus STIKA belum maksimal ini diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti: Pertama, dari hasil penelitian baik secara dokumentasi, interview dan observasi yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa tradisi mahasiswa tentang membaca, maksimal walaupun banyak kendala yang dihadapi di antaranya belum lengkapnya koleksi buku di perpustakaan. Kedua, mahasiswa yang ikut dalam kegiatan diskusi sangat minim ini didapat dari data yang diperoleh, Ketiga, menulis, diskusi dan meneliti belum maksimal, khususnya pada bidang penelitian, belum ditemukan Keempat, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belum ada kesadaran dan usaha memaksimalkan tradisi akademis tersebut bagi mahasiswa STIKA.........download

SKRIPSI PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA DAN MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU


ABSTRAK


Laili Isnawijati. 2006. Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri Malang. Pembimbing : Drs. M. Zainuddin, M.A.

Kata Kunci : Supervisi, Profesionalisme Guru

            Supervisi merupakan bantuan, arahan dan bimbingan dari pihak atasan pada bawahannya. Kepala sekolah sebagai supervisor secara kontinu memberikan arahan, bimbingan, pengawasan serta penilaian terhadap berbagai masalah yang berhubungan dengan pengembangan dan perbaikan mengajar guru serta yang berkaitan dalam bidang profesinya. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan mutu pendidikan, dari hal ini untuk dapat mengetahui apakah supervisi yang dilakukan kepala sekolah di SMP Negeri 13 Malang sudah terlaksana atau belum terlaksana. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana bentuk-bentuk pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru di SMP Negeri 13 Malang.
            Dalam pembahasan skripsi ini menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan teoritis dan pendekatan empiris. Dalam pendekatan teoritis penulis menggunakan penelitian  yaitu dengan membaca dan menganalisis buku-buku yang relevan dengan judul skripsi ini. Sedangkan pendekatan empiris penulis menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumenter. Strategi penelitian dengan menggunakan teknik interview dengan kepala sekolah dan angket pada guru.Untuk memaparkan dan temuan hasil penelitian dan menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan deskriptif kualitatif
            Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan prosentase angket dan hasil wawancara bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru dapat terlaksana. Dapat disimpulkan bahwa bentuk pelaksanaan supervisi kepala sekolah berupa pembinaan profesi mengajar, pembinaan sikap personal profesional mengajar serta pengembangan kualitas profesional guru. Adapun yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi yaitu faktor internal dan faktor eksternal dengan menggunakan analisis SWOT yang dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh kepala sekolah........Download

PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN


ABSTRAK
Aisyah, Siti. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang sangat penting karena lebih dekat dan langsung berhubungan dengan pelaksanaan program pendidikan tiap-tiap sekolah. Kepemimpinan yang resmi di dalam pelaksanaannya selalu berada di atas landasan-landasan atau peraturan-peraturan resmi. Pada lembaga pendidikan formal, kepemimpinan di perankan oleh seorang kepala sekolah yang bertindak sebagai pendidik dan bertanggung jawab terhadap manajemen sekolah. Dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin formal, maka seorang kepala sekolah di hadapkan pada persoalan-persoalan teknis manajerial sekolah serta dituntut untuk menjadi administrator yang handal untuk mengupayakan adanya kemajuan-kemajuan bagi sekolah yang dikelolanya. Kepala sekolah mempunyai tugas dan fungsi serta beberapa peranan yaitu sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator.
            Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti membatasi pembahasan skripsi ini dengan rumusan masalah sebagai berikut: (a) Bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, (b) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, dan (c) Faktor apa yang mendukung perkembangan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan yang ingin di capai adalah: (a) Ingin mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, (b) Ingin mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, dan (c) Ingin mengetahui faktor apa yang mendukung perkembangan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang.
Untuk memperoleh data tentang hal di atas, dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam mengelola data peneliti menggunakan analisis data bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan di sini bahwasanya peranan kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang adalah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. Sedangkan upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, yaitu terkait dengan upaya mengatasi berbagai hambatan yang ada di sekolah tersebut, sehingga mencapai tujuan yang di cita-citakan. Beberapa kendala atau hambatan yang ada di sekolah tersebut adalah dari segi kualifikasi SDM guru, kualifikasi SDM siswa, kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dan sebagainya. Sedangkan faktor yang mendukung perkembangan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, yaitu dari faktor tujuan, sarana dan prasana pendidikan, pendidik, peserta didik, lingkungan, dan kegiatan ekstarkurikuler.       
Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, dalam mengembangkan lembaga pendidikan......Download