Saturday 31 August 2013

Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7

Windows 7 merupakan salah satu system operasi komputer yang masih sangat digemari oleh masyarakat, mungkin salah satunya adalah sobat. Alasan memilih dan menggunakan windows 7 karena system operasi ini memiliki banyak keunggulan jika dibanding dengan pendahulunya. Kecepatan performa windows 7 sudah tidak diragukan lagi, namun jika program maupun software yang kita install sudah terlampau banyak maka performa windows 7 juga akan semakin lambat. Nah, untuk mengatasi windows 7 yang lambat saya ada beberapa tips.

Langkah pertama, Bila pada windows sobat banyak terdapat jenis font, maka sebisa mungkin di kurangi atau dihapus saja bila sobat jarang menggunakannya. Windows 7 akan selalu mengakses setiap jenis font yang ada pada komputer kita, jadi ini merupakan salah satu yang memperlambat kinerja windows 7. Untuk caranya, sobat bisa langsung menuju ke Control Panel > Search > Font.

Langkah yang kedua, optimalkan booting windows 7. Cara mengoptimalkan booting windows 7 bisa melalui Run kemudian ketikkan msconfig. Pada tab Boot yang ada di System Configuration klik Advanced Options. Lalu pada kolom Number of Processors ketikkan berapa program yang ingin anda gunakan pada saat windows booting.

setting ms config windows 7

Langkah ketiga,  hapus semua program yang sekiranya sobat sudah tidak membutuhkannya lagi atau jarang dipakai. Caranya melalui Control Panel > Uninstall a Program dan pilihlah program yang akan di uninstall.
uninstall program pada windows 7.

Langkah keempat, matikan Search Index pada Windows 7. Caranya, ketikkan services.msc pada Run, dan cari dan non aktifkan Windows Search.

cara index search windows 7
cara index search windows 7

langkah kelima, Disable aplikasi windows 7 yang kurang penting pada saat booting. Dari menu Run, ketikkan msconfig. Klik pada tab Startup dan hilangkan tanda centang pada aplikasi yang sekiranya kurang penting.
sistim konfigurasi windows 7
sistim konfigurasi windows 7

Restart Komputer sobat dan rasakan perbedaanya, Performa Windows 7 sobat sekarang sudah semakin cepat

No comments:

Post a Comment