ABSTRAK
Laili Isnawijati. 2006. Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah
Dalam Membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri
Malang. Pembimbing : Drs. M. Zainuddin, M.A.
Kata Kunci : Supervisi,
Profesionalisme Guru
Supervisi merupakan bantuan, arahan
dan bimbingan dari pihak atasan pada bawahannya. Kepala sekolah sebagai
supervisor secara kontinu memberikan arahan, bimbingan, pengawasan serta
penilaian terhadap berbagai masalah yang berhubungan dengan pengembangan dan
perbaikan mengajar guru serta yang berkaitan dalam bidang profesinya. Supervisi
yang dilakukan oleh kepala sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan
profesionalisme guru dan meningkatkan mutu pendidikan, dari hal ini untuk dapat
mengetahui apakah supervisi yang dilakukan kepala sekolah di SMP Negeri 13
Malang sudah terlaksana atau belum terlaksana. Oleh karena itu penulis ingin
mengetahui bagaimana bentuk-bentuk pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam
membina dan mengembangkan profesionalisme guru dan faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina dan
mengembangkan profesionalisme guru di SMP Negeri 13 Malang.
Dalam pembahasan skripsi ini
menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan teoritis dan pendekatan empiris.
Dalam pendekatan teoritis penulis menggunakan penelitian yaitu dengan membaca dan menganalisis
buku-buku yang relevan dengan judul skripsi ini. Sedangkan pendekatan empiris
penulis menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumenter.
Strategi penelitian dengan menggunakan teknik interview dengan kepala sekolah dan
angket pada guru.Untuk memaparkan dan temuan hasil penelitian dan menganalisis
data yang diperoleh penulis menggunakan deskriptif kualitatif
Dari
hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan prosentase angket dan hasil
wawancara bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina dan
mengembangkan profesionalisme guru dapat terlaksana. Dapat disimpulkan bahwa
bentuk pelaksanaan supervisi kepala sekolah berupa pembinaan profesi mengajar,
pembinaan sikap personal profesional mengajar serta pengembangan kualitas
profesional guru. Adapun yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi yaitu faktor
internal dan faktor eksternal dengan menggunakan analisis SWOT yang dapat
mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh kepala
sekolah........Download
No comments:
Post a Comment