Wednesday 16 January 2013

Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)


ABSTRAK

Maslahah, Siti. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Drs. Bashori.

Kata Kunci : Kompetensi, Belajar Mengajar

            Guru merupakan orang yang sangat dominan dan paling penting, karena bagi siswa guru dijadikan tokoh tauladan (Panutan), bahkan cenderung dijadikan tokoh identifikasi diri. Dalam proses belajar mengajar, guru adalah salah satu faktor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut. Oleh sebab itu guru harus mempunyai kompetensi (kemampuan) dibidangnya untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan di kalangan peserta didiknya sehingga dapat menggerakkan gairah dan semangat belajar siswa.
            Seorang guru juga dituntut menjadi seorang guru yang profesional dan berkompeten, baik itu kompetensi personal, sosial maupun kompetensi professional. Serta kompetensi berupa pengetahuan (knowledge), pemahaman, kemampuan (skiil), nilai, sikap dan minat (interest). Sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa bisa terwujud.
            Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang, dan untuk mendiskripsikan upaya peningkatan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang..............download

No comments:

Post a Comment