Wednesday 16 January 2013

PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN


ABSTRAK
Aisyah, Siti. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang sangat penting karena lebih dekat dan langsung berhubungan dengan pelaksanaan program pendidikan tiap-tiap sekolah. Kepemimpinan yang resmi di dalam pelaksanaannya selalu berada di atas landasan-landasan atau peraturan-peraturan resmi. Pada lembaga pendidikan formal, kepemimpinan di perankan oleh seorang kepala sekolah yang bertindak sebagai pendidik dan bertanggung jawab terhadap manajemen sekolah. Dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin formal, maka seorang kepala sekolah di hadapkan pada persoalan-persoalan teknis manajerial sekolah serta dituntut untuk menjadi administrator yang handal untuk mengupayakan adanya kemajuan-kemajuan bagi sekolah yang dikelolanya. Kepala sekolah mempunyai tugas dan fungsi serta beberapa peranan yaitu sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator.
            Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti membatasi pembahasan skripsi ini dengan rumusan masalah sebagai berikut: (a) Bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, (b) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, dan (c) Faktor apa yang mendukung perkembangan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan yang ingin di capai adalah: (a) Ingin mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, (b) Ingin mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, dan (c) Ingin mengetahui faktor apa yang mendukung perkembangan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang.
Untuk memperoleh data tentang hal di atas, dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam mengelola data peneliti menggunakan analisis data bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan di sini bahwasanya peranan kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang adalah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. Sedangkan upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, yaitu terkait dengan upaya mengatasi berbagai hambatan yang ada di sekolah tersebut, sehingga mencapai tujuan yang di cita-citakan. Beberapa kendala atau hambatan yang ada di sekolah tersebut adalah dari segi kualifikasi SDM guru, kualifikasi SDM siswa, kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dan sebagainya. Sedangkan faktor yang mendukung perkembangan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, yaitu dari faktor tujuan, sarana dan prasana pendidikan, pendidik, peserta didik, lingkungan, dan kegiatan ekstarkurikuler.       
Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, dalam mengembangkan lembaga pendidikan......Download

No comments:

Post a Comment