ABSTRAK
Aisyah, Siti. Peranan Kepemimpinan Kepala
Sekolah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan di SMP Negeri 13 Malang.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam
Negeri (UIN) Malang.
Kepala
sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang sangat penting karena lebih dekat
dan langsung berhubungan dengan pelaksanaan program pendidikan tiap-tiap
sekolah. Kepemimpinan yang resmi di dalam pelaksanaannya selalu berada di atas
landasan-landasan atau peraturan-peraturan resmi. Pada lembaga pendidikan
formal, kepemimpinan di perankan oleh seorang kepala sekolah yang bertindak
sebagai pendidik dan bertanggung jawab terhadap manajemen sekolah. Dalam
menjalankan tugas sebagai pemimpin formal, maka seorang kepala sekolah di hadapkan
pada persoalan-persoalan teknis manajerial sekolah serta dituntut untuk menjadi
administrator yang handal untuk mengupayakan adanya kemajuan-kemajuan bagi
sekolah yang dikelolanya. Kepala sekolah mempunyai tugas dan fungsi serta
beberapa peranan yaitu sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor,
leader, innovator dan motivator.
Berdasarkan
uraian di atas, maka peneliti membatasi pembahasan skripsi ini dengan rumusan
masalah sebagai berikut: (a) Bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan
lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, (b) Bagaimana upaya kepala sekolah
dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, dan (c) Faktor
apa yang mendukung perkembangan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan yang ingin di capai adalah: (a)
Ingin mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga
pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, (b) Ingin mengetahui bagaimana upaya kepala
sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, dan (c)
Ingin mengetahui faktor apa yang mendukung perkembangan lembaga pendidikan di
SMP Negeri 13 Malang.
Untuk
memperoleh data tentang hal di atas, dalam skripsi ini peneliti menggunakan
metode observasi, wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam
mengelola data peneliti menggunakan analisis data bersifat deskriptif
kualitatif.
Hasil dari
penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan di sini bahwasanya peranan
kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang
adalah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator
dan motivator. Sedangkan upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga
pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, yaitu terkait dengan upaya mengatasi
berbagai hambatan yang ada di sekolah tersebut, sehingga mencapai tujuan yang
di cita-citakan. Beberapa kendala atau hambatan yang ada di sekolah tersebut
adalah dari segi kualifikasi SDM guru, kualifikasi SDM siswa, kegiatan
ekstrakurikuler pramuka, dan sebagainya. Sedangkan faktor yang mendukung
perkembangan lembaga pendidikan di SMP Negeri 13 Malang, yaitu dari faktor
tujuan, sarana dan prasana pendidikan, pendidik, peserta didik, lingkungan, dan
kegiatan ekstarkurikuler.
Kata kunci: Kepemimpinan
kepala sekolah, dalam mengembangkan lembaga pendidikan......Download
No comments:
Post a Comment