ABSTRAKS
Nur Hamid Ansori, Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam
dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA PGRI Lawang.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah,
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang .
Drs. A. Fatah Yasin, M.Ag
Kata Kunci : Strategi, Prestasi
Belajar
Keberadaan suatu lembaga pendidikan selalu
ingin menghasilkan out put yang baik, berkualitas, dan bisa
diandalkan. Hal ini terlihat salah satunya dengan tercapainya tujuan pendidikan
yang telah ditetapkan. Dari sini banyak cara yang diupayakan pihak sekolah agar
bisa maju dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus, atau minimal sekolah
yang memiliki nilai atau ciri tersendiri dibandingkan sekolah-sekolah lain.
Salah satu sekolah ini, menurut pengamatan sepintas peneliti, meskipun sekolah
umum, akan tetapi telah mengupayakan berbagai program untuk mengembangkan
pendidikan agama Islam.
Melihat fenomena yang ada, maka peneliti tertarik
untuk meneliti keberadaan sekolah tersebut. sehingga dapat penulis paparkan tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan
pendidikan agama Islam yang diterapkan oleh sekolah tersebut dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa, faktor apa saja yang dirasa mendukung dan menghambat
dalam proses kegiatan tersebut, serta bagaimanakah hasil dari penerapan
strategi tersebut terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang akademik maupun
non-akademik.
Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula,
yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang
sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari
objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data,
penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview
dan dokumentasi. Untuk mendukung pemaparan data, penulis juga menyertakan
berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian ini.......Lihat selengkapnyadownload
No comments:
Post a Comment