Wednesday 16 January 2013

Skripsi Peran Mahasiswa Dalam Menciptakan Tradisi Akademis di Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman


ABSTRAK


Hafidhah, 2006. Tradisi Akademis Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman An-Nuqayah (STIKA) (Peran Mahasiswa Dalam Menciptakan Tradisi Akademis di Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman An-Nuqayah(STIKA) Guluk-Guluk Sumenep Madura). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Niversitas Islam Negeri Malang.
Dosen pembimbing, Drs. M. Syahid, M.Ag.

Kata kunci: Tradisi akademis mahasiswa

            Penciptaan tradisi akademis di kampus yang kondusif merupakan upaya pembangunan potensi yang ada pada mahasiswa, yang merupakan subsistem pendidikan tinggi, dalam upaya pembangunan di berbagai bidang pendidikan, penciptaan suasana juga tidak bisa dipandang sebelah mata dalam usaha menciptakan hasil yang baik, dalam hal ini peran dosen dan mahasiswa penting dalam menciptakan iklim akademis yang baik, penciptaan iklim akademis yang kondusif akan memeungkinkan mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar dan berprestasi.
            Mahasiswa itu sendiri sebagai sumber daya manusia merupakan potensi vital dan strategis serta mempunyai ciri-ciri tersendiri yang khusus. Mahasiswa merupakan kekuatan pembangunan dan sekaligus merupakan kunci pembuka bagi terwujudnya masa depan yang lebih baik seperti yang kita cita-citakan.
            Untuk mengungkapkan upaya menciptakan tradisi akademis mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Keislaman An-Nuqayah (STIKA), maka peneliti akan mendeskripsikan : Tradisi akademis mahasiswa di STIKA, Peran mahasiswa dalam menciptakan tradisi akademis di STIKA serta Faktor penghambat dan pendukung dalam menciptakan tradisi akademis mahasiswa di STIKA.
            Penelitian ini dilaksanakan di kampus STIKA dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode interview (wawancara) dan  metode observasi.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi akademis mahasiswa di kampus STIKA belum maksimal ini diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti: Pertama, dari hasil penelitian baik secara dokumentasi, interview dan observasi yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa tradisi mahasiswa tentang membaca, maksimal walaupun banyak kendala yang dihadapi di antaranya belum lengkapnya koleksi buku di perpustakaan. Kedua, mahasiswa yang ikut dalam kegiatan diskusi sangat minim ini didapat dari data yang diperoleh, Ketiga, menulis, diskusi dan meneliti belum maksimal, khususnya pada bidang penelitian, belum ditemukan Keempat, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belum ada kesadaran dan usaha memaksimalkan tradisi akademis tersebut bagi mahasiswa STIKA.........download

No comments:

Post a Comment