Wednesday 4 September 2013

Dampak Negatif Dari cooling Pad pada Laptop

Definisi : Cooler notebook adalah sebuah alat untuk menjaga suhu laptop tetap dingin. Biasanya notebook cooler ini mengandalkan fan / kipas yang meniupkan udara segar di bagian bawah dan body luar sebuah notebook. Hembusan angin segar dari kipas ini difungsikan sebagai pendingin disekitar notebook sehingga notebook dapat bekerja pada suhu lebih rendah.

Menggunakan cooling pad saat menggunakan notebook mungkin membantu kita dalam menahan agar suhu notebook kita tidak cepat panas. Selain itu model dan bentuk yang menarik dari cooling pad ini bisa membuat notebook kita semakin keren. Tetapi tahukah anda bahwa memberikan cooling pad pada notebook justru membahayakan notebook kita ? 

Berikut  alasan saya mengatakan bahwa cooling pad memberikan dampak buruk pada notebook kita :

Kipas yang diputar oleh motor pada cooling pad mengarahkan angin ke atas tepatnya pada lubang udara di bagian bawah notebook kita. hal inilah yang memberikan dampak buruk pada notebook kita. Debu dan partikel-partikel kecil akan terangkat masuk ke dalam lubang-lubang udara dan menumpuk di dalam komponen notebook anda sehingga bisa mengganggu kinerja notebook anda.

Selain itu hembusan udara dari cooling pad justru akan mengganggu sirkulasi pada notebook. Hal ini dikarenakan udara panas yang seharusnya dialirkan keluar justru akan ditiupkan kembali ke dalam oleh kipad pada cooling pad. Hal ini bisa mengakibatkan rusaknya beberapa komponen pada notebook akibat kepanasan dan harus diganti.

Bagaimana ? dari hal sepele bisa timbul masalah yang sangat besar. pertimbangkan lagi sebelum anda membeli sebuah cooling pad.
Carilah cooling pad yang bisa menyedot udara bukannya mengembalikan udara. 

No comments:

Post a Comment